hfgfg

Jumat, 20 April 2012

makalah elektro


Description: C:\Users\Premium\Documents\logo-smk.jpg

Di susun oleh:
1.Nur Romadhon
2.Nurul Irham
3.Inaun Nadhifah
4.Mardiyanti








Tugas makalah
Pembuatan Rangkaian Adaptor Dengan Keluaran 6v Dan 12v
Kata pengantar
Bismillahirrohmanirrohim
Puji Dan Syukur Saya Panjatkan Kepada Tuhan Yang Maha Esa Yang Telah Melimpahkan Rahmat Serta Hidayah-Nya Sehingga Saya Dapat Menyelesaikan Pembuatan Tugas Paperagama Tepat Pada Waktunya Dan Berjalan Dengan Lancar.Tugas Ini Di Ajukan Untuk Memenuhi Tugas Yang Di Berikan Kepada Setiap Mahasiswa Yang Telah Di Tentukan Dari Dosen Yang Bersangkutan Dan Kami Di Berikan Tugas Untuk Menyusun Suatu Rangkaian Adaptor.Saya Mengucapkan Terimakasih Kepada Yang Telah Membantu Sehingga Saya Dapat Melaksanakan Menyelesaikan Tugas Ini Dapat Padawaktunya Terutama Kepada : 1.Bu Ulya.2.Semuateman-Teman Yang Tidak Dapat Di Sebutkan Satu Persatu Yang Telah Membantu Menyelesaikan Laporanini .Saya Menyadari Bahwa Dalam Penulisan Makalah Ini Masih Banyak Kekurangan-  Kekurangan  Membangun Dari Semua Pihak Demi Kesempurnaan Makalah Ini .Akhir Kata Kami Mengharapkan Agar Tugas Ini Berguna Bagi Para Mahasiswa Dan Saya Sendiri Khususnya .

Bab I
Dasar teori
A.Latar belakang masalah.
Adaptor Banyak Digunakan Dalam Berbagai Alat Sebagai Catu Daya ,Seperti Amplifier ,Tv Mini ,Radio ,Tape ,Dll .Jika Di Lihat Dari Jenis Peralatannya Alat-Alat Tersebut Tidak Terlalu Besar Dan Juga Bisa Di Bilang Praktis Karena Dapat Denganmu Dah Di Gunakan Oleh Semua Orang .Untuk Perbengkelan Elektronika Yang Selalu Memerlukan Tenaga Listrik Dc Untu Kreparasi Maupun Untuk Percobaan-Percobaan ,Maka Kita Menggunakan Catu Daya Yang Lebih Hemat Dan stabil di bandingkan dengan batu baterai ,Karena batu baterai daya tahannya sangat terbatas dan mudah terjadi perubahan tegangan. Sebetulnya rangkaian catu daya bisa bervariasi ,Ada yang sederhana namun umumnya kurang stabil ,Dan ada pula yang stabil seperti catu daya yang variable .Seperti halnya pesawat-pesawat elektronika pada umumnya ,Maka rangkaian catu daya juga merupakan suatu rangkaian elektronika yang terdiri dari beberapa blok dan bagian yang mempunyai peran dan fungsi yang berbeda-beda ,Karena fungsi dan kegunaan masing-Masing bagian catu daya tidak lepas dari sifat ,Fungsi, Dan kegunaan masing-Masing komponen yang membentuknya .Kerusakan pada jenis adaptor tersebut sering di jumpai akibat hubungan singkat dari arus listrik oleh karena itu harus di perhatikan masukannya, Dari pernyataan tersebut biasanya berpengaruh buruk pada ic.
B.Sistematik kerja pembuatan adaptor
1.Mencari rangkaian yang sudah di tentukan
2.Menggambar rangkaian dan mencari layout dengan menggunakan protel
3.Gambar rangkaian di accter lebih dahulu,Untuk persetujuan dosen
4.Merangkai/Membuat alat setel asli setujui oleh dosen yang bersangkutan
Ø  Menggambar garis dengan spidol
Ø  Dicelupkankedalampelarut(Norit)
Ø  Membor pcb dengan menggunakan bor mata kecil
Ø  Setelah kering kita pasang komponen satu persatu
5.Membuat makalah hasil dari pembuatanalat (Adaptor).
6.Persentasi hasi lkerja.
Bab II
Tujuan pembuatan alat
A.Alat–Alat.Untuk tugas pembuatan adaptor ini alat–Alatyangdigunakanantaralainadalahsebagaiberikut:
1.Solder.Digunakan untuk menempelkan atau menyambung komponen di papan pcb sesuai dengan gambar layoutnya.
2.Bor.Digunakan untuk melubangi papan pcb yang akan ditempelkan komponen.
3.Tang.Kombinasi dan tang jepit di gunakan untuk menjepit dan memotong kaki rangkaian.
4.Obeng (+,-) Digunakan untuk mengencangkan baut–Baut rangkaian.B.Bahan–Bahan. Untuk pembuatan rangkaian adaptor ini diperlukan komponen–Komponen yang dapat dicari di toko–Toko, Yang antara lain:
1.Dioda 4 buah.
2.Capasitor 1 buah.
3.Papan pcb 10x5cm
4.Kabel 2 m.
5.Tenol 2 m.
6.Larutan pelarut papan pcb 2 bungkus.
7.Trafo 1a.
10.Jack dc 1 buah.

C.Tujuan pembuatan alat.
Tujuan pembuatan adaptor ini adalah untuk maengubah listrik ac menjadi aruc listrik dc yang rendah sesuai dengan tegangan baterai yang dibutuhkan.
Posted on April 3, 2011 by ilmushoru
Prinsip kerja adaptor adalah merupah tegangan AC (Alternating Current) menjadi tegangan DC (Direct Current). Komponen adaptor adalah transformator, diode dan kondensator.
Transformator
Transformator atau sering disebut trafo adalah alat untuk mentransfer tegangan AC dari gulungan kawat ke gulungan kawat lainya.
Kawat yang dipakai biasanya menggunakan kawat email, sedangkan untuk inti besi biasanya menggunakan lapisan – lapisan pelat besi. Selain itu trasformator juga berfungsi untuk menaikan tegangan listrik. Trafo jenis ini disebut trafo step up. Dan yang menurunkan tegangan listrik disebut Trafo step down.
Komponen yang dihubungkan dengan tegangan input disebut komponen primer, sedangkan komponen yang dihubugnkan dengan tegangan output disebut komponen sekunder. Adapun tegangan untuk satu daya cenderung kecil, yaitu sekitar 3; 4,5; 6; 7,5; 9; 12 maka trafo ini disebut trafo step down.
Diode
Diode berfungsi sebagai penyearah yang dapat mengubah tegangan AC menjadi DC. Rangkaian penyearah dapat digolongkan menjadi 2 kelompok, yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh.
Kondensator
Kondensator berfungsi sebagai filter. Kondensator biasanya menggunakan kondensator ELKO (Elektrolit Kondensator). Arus bolak-balik yang melewati penyearah masih harus diratakan menggunakan kondensator. Pada pembuatan adaptor biasanya menggunakan ELKO.
Berikut ini Gambar skema Rangkaian Adaptor Sederhana 12V beserta komponen dan cara pembuatannya
Rangkaian adaptor adalah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh rangkaian adaptor ini adalah arus yang dihasilkan cukup stabil dan besarnya tegangan yang dihasilkan bisa kita atur dengan cara menyesuaikan komponen yang digunakan dengan output tegangan yang kita kehendaki.
Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat sebuah adaptor yang akan menghasilkan output sebesar 12V DC. Besarnya outuput ini bisa kita sesuaikan dengan cara merubah komponen IC. Pada rangkaian yang kita bahas kali ini, IC yang digunakan adalah type 7812 dimana angka 12 dibelakangnya menunjukkan besarnya tegangan yang dihasilkan. Jika anda menginginkan output sebesar 5 volt misalnya, anda hanya perlu mengganti IC 7812 dengan IC type 7805.
Daftar komponen lengkap yang harus anda siapkan untuk membuat sebuah rangkaian adaptor adalah sebagai berikut:
D1-D4 = 6 A
D5 = 1 A
C1 = 4700u/50V

C2 = 220u/25V
C3 = 100u/25V
R1 = 1k
R2 = 0.2Ohm/5Watt
F1 = Fuse (skring) 2 A
F2 = Fuse (skring) 6 A
IC1 = 7812
TR1 = 2N3055
T1 = Trafo 15Volt/5A
Besarnya arus yang mampu diterima oleh adaptor ini adalah sebesar 5A. Tegangan keluaran yang dihasilkan oleh adaptor ini bisa anda gunakan sebagai alternatif pengganti baterai dan aku. Rangkaian adaptor ini mampu menghidupi radio Fm, amplifier, tape mobil dan rangkaian elektronik lainnya.
ADAPTOR
Adaptor adalah suatu alat yang dapat menurunkan tegangan dan merubah arus listrik AC ke DC.Di dalam rangkaian adaptor terdapat trafo yang berfungsi menaikkan dan menurunkan tegangan.Trafo ada dua jenis yaitu :

1Trafo step up (menaikkan tegangan)
2 Trafo step down (menurunkan tegangan)

Di dalam penggunaan adaptor ada yang memakai trafo CT biasanya digunakan untuk rangkaian catu daya amplifier atau speaker aktif.Dan ada pula yang memakai trafo switching biasanya digunakan untuk adaptor charger handphone.
Di dalam penggunaan adaptor kita juga harus memperhatikan kondisi adaptor ,apakah adaptor itu berfungsi dengan baik atau tidak.Adaptor dengan kondisi yang baik dapat meng-optimalkan kinerja adaptor serta mengurangi dampak konsleting pada adaptor. Adaptor yang sering dibersihkan dan dirawat memiliki ketahanan dan kemampuan yang maksimal. Dengan begitu kita harus tahu cara pemeliharaan adaptor yang baik dan benar karena adaptor yang sering dirawat akan lebih tahan lama dalam penggunaannya.
Berikut adalah cara pemeliharaan adaptor :
*Membersihkan adaptor dari debu
Cara yang tepat untuk membersihkan adaptor dari debu adalah dengan menggunakan kain basah serta jangan lupa untuk mencabut body adaptor dari rangkaian,lalu lap secara merata sampai ke ujung-ujung body adaptor.dan untuk membersihkan jack(pelatuk) adaptor gunakan kain kering.
*Membersihkan rangkaian adaptor
Dalam membersihkan rangkaian adaptor kita harus berhati-hati karena kalau tidak berhati-hati dapat menimbulkan kerusakan serta kelecetan pada rangkaian maka itu gunakan kain kering atau tisu kering untuk membersihkan rangkaian dari debu dan bersihkan secara merata dengan menggosokkan secara perlahan-lahan.
*Hindari adaptor dari tempat yang lembab dan berair
Menghindari adaptor dari tempat yang lembab dan berair adalah cara yang tepat dalam pemeliharaan adaptor karena apabila adaptor ditaruh di tempat yang lembab dan berair dapat menyebabkan komponen-komponen adaptor rusak serta dapat menyebabkan konsleting jika suatu saat adaptor dipakai.

Disamping perawatan dan pemeliharaan adaptor,kita harus tahu juga apakah adaptor yang kita pakai berkondisi baik atau tidak.Cara mengetahui apakah adaptor kita berkondisi baik atau tidak yaitu dengan cara melakukan pengecekan yaitu
* Cek tegangan output adaptor dengan menggunakan AVOmeter (Multitester)
Mengecek tegangan output adaptor berarti meyakini apakah adaptor berkondisi baik atau tidak apabila setelah di cek adaptor tidak memiliki tegangan output maka adaptor dalam kondisi rusak.
*Cek suhu trafo pada adaptor
Bila saat pengecekan suhu pada adaptor memiliki panas yang berlebih berarti adaptor dalam kondisi rusak.


Setelah pengecekan adaptor selesai muncul permasalahan yang timbul mengenai adaptor.Berikut dibawah ini adalah permasalahan-permasalahan yang kita jumpai pada adaptor :
*Output tegangan pada adaptor tidak ada
*Output tegangan pada adaptor tidak sesuai dengan nilai tegangan pada Output IC(tidak normal)
*Output tegangan pada adaptor tidak stabil (Tegangan naik turun)
*Adaptor mengeluarkan hawa panas yang berlebihan sehingga casing meleleh






Kerusakan pada adaptor dan cara memperbaikinya
Di dalam penggunaan adaptor terdapat kerusakan-kerusakan yang timbul.Apabila adaptor berfungsi dengan tidak normal selayaknya adaptor atau adaptor mati total kemungkinan kerusakan pada bagian kabel jack input,,Trafo dan rangkaian maka itu lakukan pengecekan pada bagian tersebut.Berikut dibawah ini adalah cara untuk melakukan pengecekan pada bagian tersebut dan solusi untuk menanganinya.
1 Kabel jack input
Lihat dan cek jack input adaptor apakah kabelnya terhubung dengan baik pada adaptor dan sumber tegangan ,kalau tidak terhubung dengan baik maka kabel jack atau pelatuk jack rusak/putus maka solusinya ganti kabel jack atau pelatuk jack.
2 Transformator
Trafo adalah bagian terpenting pada adaptor apabila trafo rusak dapat menyebabkan adaptor mati total.Maka itu Cek output trafo apakah ada tegangan keluar atau tidak , kalau tidak ada berarti trafonya rusak.Solusinya trafo harus diganti.
3 Rangkaian
Jika output trafo ada tegangan tetapi output adaptor tidak ada tegangan berarti tidak diragukan lagi yaitu rangkaian catu dayanya rusak.
Solusinya :
-Cek dioda apakah berfungsi dengan baik yaitu dengan menggunakan AVOmeter.
-Cek apakah elco bekerja dengan normal yaitu dengan mencabut elco dari rangkaian lalu tes dengan AVOmeter jika elco rusak ganti dengan elco yang baru.
-Cek output tegangan IC (IC7805,IC 7812 dan IC lainnya)Kalau tidak ada tegangan berarti IC rusak maka itu harus diganti.














1 komentar: